nostalgila

12:39:00 AM Valencia Ng 0 Comments

pernah ga lu berada di satu titik dimana ketika lu melihat ke belakang, ke diri lu, 10 tahun yang lalu dan lu merasa lu menemukan 2 pribadi yang benar2 berbeda ? dan lu menyadari ada yang berubah. ada sesuatu yang salah, sesuatu yang tidak pada tempatnya dan lu mulai mengurutkan tahun - tahun di hidup lu .... dan gw sekarang di titik itu. 

ingetan pertama gw tentang hidup lebih mirip seperti film daripada kenangan biasa. gw bisa yakin itu cuma khayalan. ini sekitar pas umur gw 4tahunan gw berdiri di depan gereja. shot diambil dari atas, terus shot gw dengan backgroundnya gereja dan ..... segalanya berputar. terus dimulai dengan musik mendramatisir dan sepenggal kalimat : "ini kisah hidup aku" ... serius. gw ga boong.  daridulu gw dah mellow yah -_-

ingetan kedua yang langsung muncul waktu itu adalah rumah gw, bokap gw. baru dilanjutkan yang lain - lain. sisanya, lebih seperti kejadian2 tidak beraturan (persis kayak lu nonton 500 days of summer) dan samar2. gw inget cukup banyak, sebenernya. karena dari umur 3 tahun pun gw dah dijejelin banyak hafalan (nama ortu, alamat, no telp, nama presiden + istrinya, nama anak2 presiden  ---waktu itu masih soeharto--- wakil presiden, bahkan 1-10 dlm bahasa macem2) gw inget ketidakbisaan gw dalam menggambar dan ketelatenan orang2 disekitar gw memenuhi 'passion' gw di gambar. gw  inget samar2 mimpi ketemu Tuhan gw bahkan sebelum gw rajin ke gereja. gw masih inget ttg fashion show, gw masih inget gw yang ga berenti nangis karena pengen cepet2 masuk sd pas ngeliat spupu gw jejingkrakan di hari pertamanya dia masuk sd. 

gw merasa bahagia dengan masa kecil gw. gaada iPad, iPod, dan BB. gw masih main tanah, main ujan, dan main daun yang ditumbuk2. masih main congklak, engklek, dan sebagainya. gw punya koleksi berkardus2 boneka karet yang dipencet bisa bunyi "piiiip" dan gw bisa menghabiskan berjam2 main boneka, tiap minggu gw bangun pagi cuma buat nonton kartun2 unyu nan gaje semacam shinchan, doraemon, ninja hatori, dragon ball, tsubasa, pman, kobo chan, sailor moon, dsb.... gw melihat kartun yang ditonton keponakan2 gw skrg dan gw merasa sangat sangattt bersyukur.

gw, dengan sedikit kecerdasan dan luar biasa cengeng, mengalami masa kecil yang bahagia, menurut ukuran gw. umur beda belasan tahun dengan kedua kakak gw juga ga jadi hambatan karena gw tinggal dengan keluarga besar gw. waktu gw kecil, gw inget gw bisa main apa aja. mulai dari bikin teater, bikin acara tv (di kaca!!!!), bikin lomba, main restoran2an, masak2an, loncat2an di ranjang sampe per ranjang rusak, numpuk2in ranjang jadiin perosotan, ngebuat kapal pesiar sendiri, main tak jongkok, tak gebok, naga2an (percayalah gw main ini bs berjam2an), hiu, negeri pelangi (percayalah lu ga mau tau ini apa), naburin bedak banyak banget di lantai trus pake kaos kaki seakan2 itu arena ice skating. imajinasi gw luas...... sekali waktu itu. gw inget jaman2nya main sepatu roda, petak umpet berjem2, otopet turun dari puncak sama bokap, diajarin main layang2, trus kalo taun baru ngumpul di puncak sambil main petasan & kembang api. main ayunan sambil berdiri, dan nyobain semua permainan di taman bermain. lompat2an di trampolin sampe kecapean, bikin pajamas party sendiri. overall, i was happy! tapi gw selalu ngebayangin gw cepet2 sma dan dewasa.....

gw masih inget betapa manja & cengengnya gw waktu itu (sekarang juga!)tapi gw inget banget, dulu gw ga takut apapun, gw bebas ngebayangin apa aja, main berjam2, gw ga peduli baju apa yang gw pakai, rambut gw bakal di blow ato dikeriting aja, gw ga peduli bagusan flat shoes ato heels di kaki gw. gw temenan dengan banyak cowok tanpa harus jaim dan peduli ini ato itu bisa bikin cowok ini ato itu kegeeran ato enggak. gw ga peduli jurusan apa yang gw bakal pilih, universitas mana yang lebih prestisius, mana mall yang paling baru dan ngerokok itu gaul ga sih. gw ga peduli gw temenan ama siapa, apa temen gw itu beda ras ato enggak, apa temen gw itu kaya ato enggak, populer ato enggak, cantik ato enggak, temen gw tipe yang gmana ato gmn. gw ga peduli kenapa gw harus peduli. dan gw ga pernah merasa lebih bahagia lagi. 

di antara semua sepupu2 gw, gw ada semacam 'geng' tersendiri. isinya 4 orang. 2 cewek dan 2 cowok. anggep aja kita menghabiskan masa kecil sampe skrg bareng2, tinggal serumah, bisa ktmu tiap hari. jaman sd gw habiskan dengan main tiada henti sama mereka. gw berantem pun, gw masih kesana tiap hari. jaman smp kita habiskan ngumpul tiap hari sekedar bwt nyanyi2, main kartu, ngegila, ato curhat. everyday. berantem ga sampe sebulan udah ga tahan. syangnya, gw yg paling kecil di antara mereka semua. skrg, di masa sma gw, mereka sebagian kerja dan sebgaian kuliah. kt jd jrg ngumpul. ngumpul ga bs stiap hari. sminggu skali aja udah syukur. itupun cuma bentar. kt pnya temen masing2. kt punya dunia masing2. dan kt sudah 'tumbuh' dan merasa ga sesuai lagi untuk ngegila bareng. masalah yg kt hadapin semakin kompleks. ga cuma sekedar 'abis ini kt mau main apa' ... dan banyak hal yang ga bisa sama lagi. 

gw inget, pas gw kelas 1 sd, gw ke salah satu department store, ngebawa uang seadanya, sama pembantu gw, dan sepupu2 gw, berencana beliin bokap gw kaos berkerah. gw inget, gimana bokap gw langsung sering banget make tuh kaos walopun bs dibilang bahannya ga bagus2 banget. gw inget, dulu gw selalu celebrate everything. mulai dari kepulangan bokap nyokap gw dr luar kota/negeri, sampe ultah dengan confetti & snow spray trus di ranjang mereka gw kasih kertas isinya tulisan selamat datang gt2. gw bahkan inget gw ngebuatin kartu2 tiap kakak ato ortu gw ultah. saat gw nakal pun, gw selalu berusaha jujur (ditambah trik tntunya), dan di saat gw ditegur dikit gw ngerasa bersalah banget. sebelum gw kelas 2 sd, keluarga gw lumayan srg jalan bareng, ke mall atopun luar kota. skrg ? gw jauh.... jauh lebih srg pergi dgn temen2 gw drpd mereka.

gw inget betapa pure nya hati gw buat Tuhan dulu. betapa kuat iman gw terhadap ini dan itu. betapa gw selalu spend time buat Dia every night sblm gw tidur. Dan gw membicarakan apa aja ...... 

gw inget banyak hal tentang masa kecil gw. yang ga gw inget adalah apa yang menjadikan gw seperti ini. gw mundur, mundur, dan mundur dan masih ga bisa nemuin jawabannya. semakin dewasa, masalah main2 diganti dengan masalah cinta. celotehan2 lebih banyak diganti dengan diam. kita jadi jaim, membosankan, statis dan gw ngebayangin betapa dulu kita pengennya cepet2 jadi dewasa. 

gw inget, seperti kebanyakan cewek lainnya, tumbuh dengan bayang2 'princess' dan siapa sih yang ga ngebayangin sweet 17 dan weddingnya waktu kecil ? hahahahhaha. tapi, ketika tiba waktunya pas 17, hal2 semacam atribut dekornya gimana dressnya gimana rambutnya gimana warna temaya apa musiknya gimana acaranya apa udah ga jadi hal yang penting lagi. gw bahkan have fun after party ama temen2 gw di mcd. kebayang ? gw mulai menyadari yang esensial.

mungkin ini semua bagian dari tumbuh dewasa. tapi entahlah, ga semua yang kt bayangin bs lebih indah drpd yg kt bayangin. dont get me wrong, gw bersyukur dengan fase gw skrg  tp gw berharap banyak hal positif swaktu gw kecil yang ga perlu diubah sebenernya. dan sayangnya ini smua ga pernah sama lagi. gw percaya smua fase di hidup kt pasti ada masa happy ga happynya. tapi intinya, gw berharap banget, di tulisan gw yang super duper panjang ini, at least ada 1 anak kecil yang baca dan mencoba lebih enjoy masa kanak2nya. percayalah, enjoy lah masa anak2 kalian. serius kalo gw punya mesin waktu pasti gw ulang lagi.... jangan pengen cepet dewasa. :)

0 comments:

Tell me anything