Before we close this chapter...

4:51:00 AM Valencia Ng 0 Comments

It's still hard to believe that 2013 is almost over. Geez. Time flies way too fast. It feels like yesterday when my friends and i went to Bandung for new year's eve. And now here I am, writing to nobody but me - the future me to be exact - trying to summarize this year in one post

So here we go again....

2013 is pretty great, but a rough year for me.

Diawali dengan tahun baruan di rumah orang, di luar kota, mati lampu, mati air, hujan deras, dan pas jam 12 - hampir semua orang udah tidur kecuali gw. Tapi biar pun begitu, bisa dibilang awal - awal 2013 itu gw berada di comfort zone. Dapet team super enak di posisi yang juga enak. Akhirnya punya "power" yang cukup untuk merealisasikan ide ide yang selama ini gw simpen. Terus akhirnya gw mulai "mudeng" ama pelajaran2 di sekolah. Pretty good lah. Plus I met this one man who's such a sweetheart. It all started great. 

Tapi itu ga lama. Breakdown pertama adalah ketika gw tau gw ga dikasih kuliah di luar. Untuk pertama kalinya rasanya nyesek ngeliat orang lain bisa ngegapai mimpinya dan gw harus terima. Next time, uas dan uan. Gw lulus dengan nilai yang cukup. Cukup untuk bikin bangga kedua orangtua gw. 

Dan tibalah libur panjang itu. Dimana sebelumnya udah gw tunggu tunggu dari zaman uan, akhirnya dateng juga. Gw bikin 100an list untuk gw lakuin selama summer. Dari dulu pun gw udah ada segudang rencana untuk dilakuin. Tapi mau tau jadinya apa? Gw kehilangan diri gw sendiri. Untuk pertama kalinya gw bener - bener kehilangan ambisi, motivasi, determinasi buat ngapa-ngapain. Gw kehilangan mimpi. Gw berubah dari "idealis" jadi "bitter realist". Bisa dibilang ini breakdown paling parah seumur hidup gw. I'm not that unhappy though, just......numb. Gw memutuskan banyak hal dari dunia luar. Friends, community, him, Him.....

But probably the hardest thing i've experienced this year is when I lost Mama. I lost my godmother earlier this year because of cancer. Mama udah mengidap kanker 5 tahun. Nyokap gw mungkin dah feeling atau apa, berhasil bikin 2 celebrations pas summer buat ngerayain anniversary mama dan kelulusan gw, plus bikin surprise party di rumah sakit. Dan pas 2 minggu sebelum gw masuk kuliah, nyokap nyuruh gw untuk nemenin mama full satu minggu di rumah sakit. Sekitar 8 - 9 jam tiap hari. To be honest, I don't like hospitals. Tapi untuk pertama kalinya, gw mengiyakan. Tiap hari dengan ipad, ato sketch book, ato buku gw stay disana. Nemenin. Ngobrol. Tentang apa aja. Tentang masa kecil gw. Tentang kisah cinta dia. Tentang apa aja. Mama meninggal hari Jumat, waktu itu gw baru 3 minggu kuliah. Dan waktu itu pas gw pulang. I was there when she exhaled her last breath. Gw ada pas dia mulai sesek napas, pas dia kasih kata kata terakhirnya buat gw, pas dokter lari lari di lorong, pas ngeliat emergency light dan suara panik di lorong, pas dadanya dipompa. Pas tanda di mesin akhirnya cuma nunjukin satu garis......

2013 is not that bad, actually. Gw ketemu banyak temen baru, gw menyadari siapa sahabat gw sebenernya, gw dapet NEM dan ip yang bagus. Gw dapet banyak pengalaman baru

 but one thing I know for sure : I've learned a lot this year. 

Gw belajar kalo manusia bisa berubah. Gw belajar kalo hidup itu jalan terus. Ada ato gaada gw, orang pasti akan move on dari ketiadaan gw. Gw belajar kalo gw gaakan pernah cukup baik buat beberapa orang dan itu bukan alasan buat gw berenti berusaha. Gw belajar kalo rencana itu ga cukup. 

Gw belajar untuk ninggalin zona nyaman gw. Gw belajar untuk jalan setidaknya 1 kilo untuk pulang ke rumah, ngatur budget sendiri, belajar ngehemat. Gw belajar untuk bedain supermarket mana yang lebih bagus jual daging dan mana yang lebih bagus jual sayuran. Gw belajar untuk masak untuk makanan gw 3 x sehari. Gw belajar untuk tau hari apa sayur dan roti paling fresh dan mana yang enggak.

Gw belajar kalo gw bisa belajar. Gw belajar banyak dalam aspek design, terutama sekarang belajar langsung dari dosen - dosen gw. Gw belajar kalo cita cita gw sebagai graphic designer itu ga cukup. Gw mau lebih. Gw butuh lebih. 

Gw belajar kalo gw akan kehilangan orang - orang. Mungkin karena orang itu pengen ngejar mimpinya. Mungkin karena orang itu sudah selesai tugasnya di dunia ini. Dan gw harus belajar ngerelain. Ngerelain orang - orang itu. Ngerelain mimpi - mimpi gw. Ngerelain yang udah lewat.

Gw belajar kalo gw harus ngerelain untuk bisa nerima yang akan datang. Yang lebih baik. Yang terbaik. I'm going to create my own reality, because I deserve to be happy. 

There are things I wouldn't write because it's too personal but to summarize 2013 in one sentence :
2013 is like a big slap on my face.

And it's time to wake up. 
It's time for another exciting chapter

I've learned a lot this year. But I've learned that I still have a lot to learn. 
2014 is going to be better. No matter how hard it will be. This year too shall pass.

It's time to move on, 2013. Thanks for everything.

2014, I am ready.

0 comments:

Tell me anything