catatan harian seorang anak (jurusan) ipa

11:44:00 PM Valencia Ng 0 Comments



hello bloggie! akhirnya nulis lagi. sigh 
sekarang gw dah kelas 11, dan tepat pada hari ini, 21/12/2011 gw baru aja terima rapot semester 1 kelas 11. oyeah 
ga banyak yang tau, tapi masuk ipa adalah huge, hugeeeeee, huge decision for me. yaiyalah! dari awal, gw ga berniat untuk masuk ke jurusan ipa waktu kuliah (semacam teknik, pertanian, kedokteran,atau apa lah) dan gw juga bukan tipe yang 'gw ga tau mau masuk apa jadi gw masuk ipa aja karena pilihannya lebih banyak'. HEY ! ini 2011 men! masuk ips bukan berarti lu bakal kekurangan pilihan!! dan udah gaada lagi istilah anak ips ga bisa sukses. ya ga sih ? lagian, kebanyakan pilihan juga bikin pusing, wong 2 pilihan yang gw terima di akhir kelas 1 untuk milih jurusan aja bikin gw dah puyeng duluan... 

cerita milih jurusan ini cerita lama buat gw. dari awal masuk, gw dah bingung mau masuk apa. bukan gimana, gw ga ada ketertarikan yang terlalu mendalam pada jurusan tertentu. i mean, di ipa ada yang gw suka ada kelemahan gw juga, gitu juga di ips. gw bingung bangeeet. rencana gw untuk 'ngejar maksimal duaduanya trus mutusin di akhir' ga mempermudah sama sekali. gw dah tau gw mau kuliah apa, dan jurusan gw pas kuliah itu ga menekankan untuk ngambil jurusan tertentu. intinya, jurusan apapun yang gw ambil, sebenernya sah-sah aja.... tapi itu malah bikin gw tambah bingung

di akhir tahun, sangat ga nyangka ternyata nilai rapot fisika gw 71. selama ini fisika gw ancur gitu kan.... pernah dapet 20an bahkan. nilai ipa gw 70an semua. kalau ips gw jauh lebih bagus. nilainya 80an-90an. ulangan harian gw juga banyak yang 100. di sekolah gw, kita yang masuk jurusan ipa boleh pindah ke ips. gw nunda sampe detik terakhir. pas detik terakhir itu, gw udah nyiapin surat pernyataan untuk kepala sekolah gw, yang isinya gw bersedia pindah ke jurusan ips dan ditandatanganin ortu gw. nyokap gw sangat setuju gw masuk ips. menurut dia, nilai2 ips gw lebih bagus dan bakal lebih memudahkan gw dikelas 2 buat nyari beasiswa. gw dah coba jelasin ke dia soal suasana belajar dan sebagainya, tapi menurut nyokap gw ... yah kalo suasana nya ga kondusif tunjukin dong ke temen2 yang lain kamu ga kepengaruh.

tapi, kenyataannya ga sesuai. gw pulang dengan surat itu masih di tangan gw. gw ga jadi pindah ke ips. gw tetep stay di ipa. lu tau? orang prtama yg gw kstw kabar itu adalah pipin, dia ktmu gw di depan mamat, dia senyum gitu, dan gw tau gw bikin keputusan yang bener. :D setidaknya untuk saat itu. ortu gw mau ga mau nerima ... karena biar gimanapun..... keputusan emang ada di tangan gw. buat orang lain, mungkin aja masuk ipa adalah kewajiban, bagi gw masuk ipa adalah pilihan.


pas masuk di ipa, gw rada shock jujur aja pas pertama kali ngeliat jadwal pelajaran yang isinya pelajaran ipa semua. gw ga terbiasa dengan kenyataan kita harus belajar 5 jem seminggu pelajaran macem itu. ditambah, dengan kkm (nilai batas merah ato enggak) di sekolah gw dinaikin jadi 75 semua. belom lagi harus adaptasi dengan guru yang baru ngajar kita di kelas 2, dengan metode ngajar yang beda. but thanks God, nilai2 awal gw lolos dengan aman. kendalanya cuma di mat-bio, dimana 2-2nya guru yg br ngajar gw so mesti adaptasi lagi. banyak temen2 gw yg fail pd awalnya, tp somehow mereka bs bangkit dan ngejar ketertinggalan, bahkan lebih baik daripada gw. masuk ke ipa, gw jadi sering banget ngeliat orang yang nangis gara2 nilai yang ga tuntas, remed yang gagal, galau setelah ulangan, ato ga tidur cuma gara2 slide biologi belom selesai dipelajarin. gw sring ngeliat anak yang nanya dengan ambisius, ato ngejar guru cuma buat debat soal jawaban ulangan dengan bukti.

seiring berjalannya waktu, gw mulai pelan - pelan 'kepeleset', dan ada beberapa saat gw bener2 'jatuh'. sibuk berorganisasi dan 'berkegiatan sampai mati' (meminjam istilah nyokapnya temen gw) membuat gw empot2an megang nilai. gw berasa kayak juggler, muterin bola2 kesana kemari. cuma keliatannya bola mulai2 jatoh. seringnya gw keluar kelas, ditambah fisik yang gampang sakit krn kecapean, bikin gw susah banget ngejar nilai setelah acara besar gw selesai. banyak guru yang protes. gw bahkan mulai akrab dengan nilai 3. akhirnya dah jelas, ngejar remed, ngejar nilai. dan karena keputusan masuk ipa bukanlah sesuatu yang disarankan nyokap gw, jelas, dari awal gw ga bs ngeluh gt aja kalo nilai jelek. karena gw akan dikasih pertanyaan maut itu, "kenapa kamu masuk ipa kalo gitu?" ... 

jujur, gw ga tau poin utama jawaban itu. gw bisa menjelaskan ke kalian 5 menit bla bla bla alasan yang mendukung, ttp ya biar gimanapun ttp scra logika gw mendingan masuk ips. tapi, gw pernah baca, stiap kali lu ngerasa nyerah pas ngelakuin sesuatu, inget alasan knp lu pertama kali ngelakuin itu. thats what i do. lagian gw dah janji gw mesti komit pas ngejalanin ini semua.

beruntung banget gw punya kelas yang sangat menyenangkan dan sangat kondusif. jujur aja, awalnya pas ngeliat daftar nama kelas gw, gw berpikir :"duh, bakal diem banget nih kelas". nyatanya enggak! kelas gw seru banget dan sering dibilang "kelas ipa yang ga kayak kelas ipa" hhhhh .. hahahah kekompakan kelas gw bisa dibilang satu hal yang bikin gw bertahan di hari - hari gw sebagai anak ipa. wali kelasnya juga bisa dibilang ' mommy' banget ahhahaha. awalnya emang rada susah baur, tapi lama2 seru banget. sering berisik dan kompak. nyanyi2 lagu galau, tereak2, berisik, 2/3 kelas kita ke dufan bareng minggu lalu dan tuker kado pula buat natalan. hahahahah.

dan tadi pas ambil rapot, guess what ? gw merah cuma 1, fisika, itu pun 73. tapi ........ gw berada di peringkat 20. taun lalu, fisika gw 67, dan gw peringkat 3. setengah taun yang lalu, nilai ipa gw dibawah nilai ipa gw skrg, dan gw peringkat 2. welcome deh di kelas ipa!! dimana beda nilai cuma tipis2. temen gw cerita, dia gaada merah sama sekali dan peringkat 30an. hahahaha ga ngerti lagi. tapi overall, masuk ipa it's not so bad. gw merasa gw membuat keputusan yang sangat benar, dan gw happy. maksud gw, emang kdg2 bs desperate gr2 nilai, tp ttp asik kok! .. kelas gw punya tumblr, twitter, dan facebook fan-page. kata siapa anak ipa ga bs have fun ? 


0 comments:

Tell me anything