Something about provision

8:11:00 PM Valencia Ng 0 Comments



Ada yang pernah bilang kalo Valen ga pernah bisa filter cerita. Ada yang pernah bilang kalo gw cerita tentang kebaikan Tuhan, selalu ceritanya adalah hal yang ga penting. Yang ga jelas. Yang sepele. Yang ga layak untuk dishare. Jujur banget, hal itu sempat membuat gw jadi down dan membuat gw ga pengen cerita.. Jujur banget, bahkan itu membuat gw bahkan mikir : apa emang sebenernya mungkin Tuhan maksudnya ga gitu-gitu amat ya, mungkin cuma karena gw nya aja yang melan....... mungkin cuma karena gw lebay..........dan itu seringkali membuat gw menahan diri untuk bercerita tentang Tuhan.

Well, should I stop then?

Bisa dibilang, justru perjalanan Valen dan Tuhan adalah titik-titik kecil yang ga ada abisnya. Bisa dibilang memang, kalo seorang Valen lebih gampang 'ketampar' oleh hal-hal kecil, dan entah kenapa lebih gampang belajar atau sering keinget dengan perumpamaan-perumpaan yang sederhana.

Jadi..... hari ini, terlepas disaat sebenernya capek hari ini dan ada deadline besok......... gw mau cerita! Yehey. Ga penting sih. Tapi senang. Dan mungkin karena pas keadaannya dengan apa yang sedang gw alami, jadi pengen share sesuatu yang bener-bener sepele........

Seperti biasa, Jumat malem gw pulang ke rumah. Saat pulang, gw menyampaikan nyokap dua hal. Yang satu, minta izin. Yang satu, bilang tentang pembayaran beasiswa yang minus 9 juta itu. NYEHEHE. *ketawa bersalah*. Gw akan skip bagian reaksinya, yang jelas ga terduga. Dia ga marah. Malah mendukung. Terus nyokap bilang kalo besok dia akan ke tempat gw karena keponakan gw ulang tahun. Jadi disaat gw di Jakarta, dia ke tempat gw. Kurang lebih begitulah......

Minggu pagi, nyokap balik dan sebelum berangkat ke gereja ....... Pertama-tama, dia bilang kalo dia udah beli ini itu buat gw dan ditaroh di kamar. Percayalah, biasanya ga gini kok. Heheh. Biasanya apa-apa gw beli sendiri dan emang nyokap jarang banget ke tempat gw, terutama untuk ngecek atau apa. Tapi kali ini tiba-tiba dia beli. Kopi, shampoo, sabun, tolak angin, and such things. Lucunya, pagi itu emang rencananya sebelum balik, gw mau minta bokap buat beli hal-hal kayak gitu. Dan gw belum minta sama sekali...... Jadi udah dibeliin gitu dan diprovide semuanya, bahkan sebelum gw minta. She knows what I need even before I ask her.

Kedua, hal yang bikin lucu adalah ketika gw beneran sampe kamar gw, dan melihat plastik dan isinya, gw cukup amazed dengan nyokap gw. Gw bukan tipikal yang expect banyak ke orang lain, tapi yang dia beliin persis dengan apa yang biasa gw pake. It means she cares enough to check and observe what I need. Bukan cuma dia provide dengan apa yang gw butuh, dia provide dengan apa yang exactly gw butuh. Kalo tau gw, gw ganti shampoo sering banget. Bahkan gw baru ganti jenis shampoo minggu lalu.  Tapi lucunya yang dia beli bener-bener shampoo, sabun (bahkan 2 jenis, dan 2-2nya yang gw suka .... ._.) , kopi yang sering gw beli (seriously, though, how does she know!?!) dan bahkan dia udah anticipate beli tolak angin segala. Ini nunjukin ga cuma dia peduli, dia bener-bener berniat untuk ngasih yang terbaik, yang dia tau gw bakal suka.

Ketiga..... adalah ketika dia pulang sebenernya dia ngomelin tentang kamar gw yang super berantakan. Kamar sebenernya adalah bagian yang jarang orang lain masukin dan bisa dibilang dimana keliatan 'Valen' yang sesungguhnya. Tapi percayalah, guys, sebenernya awalnya sedikit agak lebih rapi kok :" cuma hari terakhir sebelum balik emang bangun kesiangan jadi emang barang-barang masih bersebaran dimana-mana. Nyokap ngomel wajar sih..... but did it stop her to do good deeds and give me the best? No! Bukan karena gw berbuat baik dulu, baru dia provide semuanya. Dia provide semuanya simply because she loves me...... dan even though gw salah, itu ga membuat dia berenti mengasihi gw sebagai anak. In spite of what a mess I really am (both figuratively and literally!) Bukan berarti gw harus konstan gini aja ga berubah untuk mencoba lebih rapi, tapi dia udah ngasih yang terbaik, bahkan sebelum gw mencoba, ga peduli seberapa parahnya gw. Do you understand what I'm trying to tell you here?

Hal ini juga mengingatkan gw ketika seminggu sebelum gw masuk kuliah, gw sempet sakit sekitar 1 minggu lebih. Sakitnya sepele sih. Cuma cukup annoying. Dan sebenernya karena kesalahan gw. Ya even though kena omel dikit juga, but ...... bokap nyokap gw tetep 100% provide segalanya. Mulai dari nganterin ke dokter, ke rumah sakit, beliin obat, bahkan beli hal-hal berbau kesehatan yang mendukung gitu. Why? Simply because i'm theirs and they love me. It's just that simple.......

Mungkin kalian udah sadar kalo yang gw omongin bukan cuma sekedar tentang kedua orang tua gw aja, tapi kejadian sesepele ini berhasil mengingatkan gw tentang 'Bokap' gw di atas. Kalo kedua orang tua gw yang jauh dari perfect aja bisa provide, lebih-lebih Tuhan. Sama kayak kedua orang tua gw, .... dimana mereka provide.......

Bahkan sebelum gw minta
Bahkan exactly yang gw butuh
Bahkan ketika gw ga expect banyak
Bahkan ketika gw actually a complete mess (ya bayangin kalo kamar itu bisa nunjukin hidup kita yang ga disensor, imagine God who knows, really knows, my heart, thoughts, my life....)
Bahkan ketika itu salah gw sendiri

He still provides

Why?

Because I'm His. and He loves me. It's just that simple.
It has always been this simple....

Ya no surprise kalo tau Valen itu tidak semudah itu menjadi 'content'. Seringkali gw melihat ke apa yang 'lack' daripada yang berlebih. Contoh .... Lack of motivation. Lack of determination. Kurang ini, kurang itu. Kurang motivasi. Kurang pintar. Kurang siap. Dan sebagainya. Dan disaat gw nulis ini, adalah pas masa-masanya gw dihadapkan dengan kaca besar dan bener-bener aware dengan kekurangan-kekurangan gw ini. Valen kurang siap, Tuhan. Valen kurang rohani. Valen ga bisa gini. Valen terlalu melan. Valen ga jago untuk approach orang. Valen ga sedesain itu. Semacam itu lah. Dan disaat nulis ini, nyokap bokap juga sedang berpikir untuk semester-semester kedepan gimana bayar uang kuliah full tanpa beasiswa. But .... dengan kejadian sesepele ini somehow gw diingetin kalo Tuhan bakal provide. It's just who He is. It's just what He does. What He always does. Dan mungkin ketika seringkali yang dibahas adalah penyediaan Tuhan dalam hal physical seperti financial, dan sebagainya........... gw harus percaya kalo Tuhan juga bakal nyediain my spiritual needs. Dia bakal nyertain, dan bakal nyediain yang terbaik. Mungkin bukan standard gw yang terbaik, tapi standard Dia yang jauh lebih bagus. And He knows me really well, so why worry?

Yang perlu gw lakukan adalah percaya.
Dan taat.

Itu aja! :)

My God is The God who provides!


0 comments:

Tell me anything