"kalau besar mau jadi apa?"

1:04:00 AM Valencia Ng 0 Comments

"valen kalau besar mau jadi apa?" 

sepanjang ingetan gw, pertanyaan ini termasuk pertanyaan - pertanyaan awal yang ditanyakan ke gw ketika gw mulai bisa mengingat. gw cukup yakin anak - anak yang lain juga pasti dihadepin ke pertanyaan yang sama saat seumuran gw dulu. gatau kenapa pertanyaan ini cukup populer. gw pun sadar atau ga sadar sering menanyakan pertanyaan ini ke anak - anak kecil. 

tapi........ setelah belasan taun dikasih pertanyaan yang sama, apa iya gw dah tau jawabannya? 

jawaban paling standar waktu jaman gw dulu adalah : dokter, insiyur, orang kaya. jawaban standar gw dulu berubah - ubah antara : pelukis, chef, ibu rumah tangga, penulis, etc, etc, etc. baru pas gw kelas 3 sd gw mulai konsisten ama satu jawaban : graphic designer (yup! gw dah tau cita - cita gw dari 10 tahun yang lalu). dan pas kelas 7, gw menyadari gw ga mau "cuma" jadi graphic designer. gw mau jadi graphic designer..........yang tidak sombong. 

berpegang 10 taun ke jawaban yang sama, bukan berarti gw tau pasti juga. ada saatnya, terutama pas jaman - jaman nyari kuliah dimana gw mempertanyakan ulang semua jawaban yang udah gw pegang 10 tahun itu. yakin mau jadi graphic designer? yakin? beneran? 

memasuki umur 18, pertanyaan itu berkembang lebih jauh lagi. seakan - akan gw menciptakan skenario - skenario dalam hidup gw kedepannya : 5, 10, 40 tahun ke depan dengan berbagai pilihan yang gw punya. seakan - akan, kalo gw salah memilih, maka hidup gw seumur hidup bakal berantakan. seakan - akan...

kenapa? karena ada 2 kesadaran yang akhirnya gw dapet. yang pertama, lu bisa jadi apapun yang lu mau. jadi, misalnya lu mau jadi graphic designer, BE. kalo lu pengen bisa masak, lu bisa belajar. di abad 21 ini, banyak informasi terbuka terlalu lebar buat dieksplor. kalo lu pengen bisa bahasa perancis, coba kursus.  kalo lu mau ngerusak hidup lu, bisa juga. kalo lu mau situasinya gini - gini aja, dan ga mau berubah, lu bisa aja tetep di situ - situ aja. intinya, semuanya bisa. tergantung seberapa kuat lu mau buat ngedapetin itu. kesadaran kedua yang gw dapet adalah ............... lu ga selalu dapet apa yang lu mau. banyak faktor lainnya yang bisa menganggu kesadaran pertama gw itu. kesannya bertolak belakang, tapi dua hal ini yang gw dapet selama 9 bulan berumur 18. dua kesadaran ini mengobrak ngabrik jawaban sistematis 10 tahun gw itu. dan membuat gw mempertanyakan banyak hal. termasuk pertanyaan "kalau besar mau jadi apa" itu. 

dan sampe sekarang, di usia legal, saat umur akhirnya besar dan ga cuma badannya aja yang besar, kalo ditanya : "kalau besar mau jadi apa?", gw masih ga yakin mau jawab apa. gw tau yang gw mau, tapi selalu lebih dari satu jawaban. jawaban realistis, jawaban idealis, jawaban radikal, jawaban artistik, jawaban yang di mau oleh lingkungan gw, jawaban ga muluk - muluk, etc. kadang jawaban itu bisa saling bertolak belakang, kadang saling mendukung.  gimana mungkin kalau satu jawaban mengarah ke dunia komersialis dan satu lagi politis, misalnya. atau yang satu menuntut gw selalu ada di pusat kota, dan satu lagi gw harus masuk ke pelosok - pelosok paling dalem. dimana yang satu menuntut gw untuk terbang setinggi - tingginya, sejauh mungkin, dan satu lagi gw kembali ke akar gw, kemana gw berasal. 

 dan ini membuat gw bertanya - tanya...........

is it impossible to have it all? 
ataukah kita harus memilih...................................lagi? 

0 comments:

Tell me anything