About this blog

9:23:00 PM Valencia Ng 0 Comments

Baru sadar tidak pernah benar-benar menulis tentang blog ini. Jadi mungkin sudah waktunya dicoba? Hahaha. Okay, here we go.

What
Blog ini namanya "She designs a life she loves". Artinya adalah sang penulis sebagai seorang designer kehidupan yang terus menerus menggabungkan elemen-elemen dalam hidupnya dari yang sudah ada kemudian diolah menjadi sesuatu yang sesuai dengan esensi dari "desain", yaitu yang berguna, berhasil menyampaikan suatu pesan tertentu, dan berperan aktif untuk menghasilkan sesuatu yang indah dari elemen yang sudah ada. "A life she loves" artinya bahwa kehidupan yang sudah didesain ini, sesuai dengan apa yang penulis suka, yang sesuai dengan "passion" yang penulis miliki. 

Dulunya blog ini bernama "World of our own". 

Isi dari blog ini campuran dari apa yang dialami penulis, tapi banyak juga yang fiksi tapi dibuat seakan-akan nyata. Inspirasinya bisa darimana saja, dari pengalaman pribadi, pengalaman orang-orang terdekat si penulis, ataupun berdasarkan imajinasi penulis itu sendiri. Objek "dia" atau "kamu" ini tidak ditujukan pada satu tokoh tertentu, tapi pada banyak orang. Pemilihan kata "kamu" sebagai objek bertujuan agar pembaca dapat merasa lebih personal/akrab dengan tokoh yang ditulis.

Secara bahasa, penulis merasa bahwa ia bukan tipikal yang menulis indah, tetapi lebih apa adanya, baik dalam pemilihan kata ataupun majas. Tetapi terkadang, penulis benar-benar menuliskan dengan bahasa sehari-hari, singkatan, bahkan campuran dari bahasa Inggris, juga penggunaan "gw dan elu". 

Who
Penulis bernama Fitriana Valencia. Sedang kuliah jurusan desain, semester ke 4. Menulis itu murni hobi, bukan karena pekerjaan atau kegalauan. Sejak kecil sudah mulai menulis, dari menulis jurnal/diary sekali-kali, atau mencoba mengarang. Konon, kesukaan pada menulis diturunkan dari ayahnya. Tidak pernah benar-benar merasa sebagai penulis yang baik, ataupun benar. 

When
Blog ini mulai dibuat tahun 2009, untuk memenuhi salah satu nilai, entah dari pelajaran akademis ataupun kegiatan ekstrakurikuler. Baru mulai ditulis lagi akhir 2010 dan mulai rutin ditulis setelah akhir 2011. 

Penulis tidak memiliki ritme tertentu dalam menulis sehingga dapat menghasilkan post yang berbeda-beda jarak antar waktunya. 

Why
Kenapa menulis? "If I don't write to empty my mind, I go mad". - Lord Byron. Menulis itu hobi, sekali lagi, tapi terkadang juga sarana untuk mengekspresikan diri dan perasaan. Terkadang untuk menumpahkan perasaan, terkadang juga untuk membungkam perasaan. Tetapi, pada dasarnya menulis untuk kesenangan pribadi ketimbang untuk mengikuti trend atau dibaca orang dan jadi berguna. Menulis juga terbukti untuk menyimpan hal-hal yang ingin diingat oleh penulis, atau yang tidak mungkin dijelaskan secara langsung. 

How
The "creative" process pada dasarnya tidak sekreatif itu. Terkadang malam semakin larut dan ada keinginan untuk menulis. Terkadang ada beban dan merasa terlalu 'overwhelmed' kalau disimpan sendiri. Untuk fiksinya, memang tidak ditujukan pada orang tertentu, tetapi terkadang bisa terinspirasi dengan sosok tertentu. Terkadang kesannya pengalaman pribadi, yang sesungguhnya terjadi adalah penulis 'mengekstrak' dan 'menuang' perasaan yang pernah dialami lalu dibuat jadi sebuah ramuan baru. Misalnya rasa sedih, atau rasa tenang, dan sebagainya. Jadi walaupun pembaca terkadang menebak-menebak apakah yang ditulis benar-benar pengalaman pribadi penulis, tujuan dari 'ekstrak' perasaan itu agar perasaan itu dapat terbawa ketika pembaca membaca isi blog. Terkadang penulis menulis tanpa dipikir dua kali dan hasilnya menjadi sangat informal. Tetapi prosesnya yang terpenting adalah menaruh jiwa atau kepribadian penulis dalam tulisannya. :)



0 comments:

Tell me anything