In this crazy life, through these crazy times.

8:24:00 PM Valencia Ng 0 Comments



Jadi gw menemukan post galau gw, 3 tahun lalu, tentang ..... persahabatan disini ...  
Dan gw sekarang berdiri di sini, 3 tahun kemudian, dan untuk sejenak, gw merasa bener-bener bersyukur ada disini. Menjadi Valen yang seperti ini. 

Keinginan buat nulis post ini sebenernya udah lama, udah dari zaman kapan tau. Tapi, yang bener-bener bikin kepengen itu adalah ketika salah satu temen/senior/half-mentor sinematografi gw, Kak Moti nanya begini : "sahabat kamu yang bener-bener deket siapa?" Jujur bingung banget jawabnya. Semuanya deket. Deket banget. Kalo mau ditanya siapa yang paling deket, jujur aja bingung. 

Dulu, gw pernah bener-bener deket ama satu orang. Selama belasan tahun. Sebelum akhirnya menyadari kalau people grow apart. Dulu, dia tau semuanya. Tapi  sekarang, jujur aja, gw lebih prefer sekarang ini. 

Dulu *ya jujur aja sampe sekarang juga*, gw beneran bukan tipe temen yang care sih. Gw bukan tipe yang selalu ngecheckin orang kabarnya apa, bukan tipikal yang rajin ngebalesin chat di grup, bukan tipe yang gampang dihubungi dan bukan tipe yang gampang diajak jalan. Gw tipikal temen yang susah banget dijadiin temen. Gw gampang ngambek, gampang moody, galau banget, kadang gw berpikir kok rasanya gw ga bisa ngasih influence yang baik ya ke temen-temen gw sendiri? Apa rasanya temenan ama orang kayak gw? 

Gw juga sebenernya bisa dibilang bukan anggota yang baik. Gw pemalas, dan gw suka complain. Gw juga suka nunda. Ini serius. Hahahahah. Sekali lagi, gw bukan tipikal yang rajin bacain grup line, dan sekali lagi, bisa sangat ngotot akan apa yang gw percayain.

Terus sekitar 1 minggu terakhir gw ngeline closest friends gw satu-satu. Pertanyaannya sesimple ini. "Am I a bad friend?". Terus gw ngeline dan nanya langsung ke 8 orang, 3 di antaranya ketua organisasi gw, 3 lainnya adalah ketua acara gw, dan 2 adalah orang yang pernah merekomendasikan gw untuk gw bisa sampai di titik sekarang ini. Pertanyaannya, "Do you regret that I'm here, that you put me here? Is there anything I can improve?" 

Jawabannya hampir mirip. Tapi gw dapet banyak masukannn. Dari situ, gw kemudian expand my views gitu tentang dunia sekitar. Ketika gw cerita ama orang or orang cerita ama gw, gw mencoba untuk bener-bener pay attention. Gw liat ke belakang dan bener-bener bersyukur karena mereka ada buat gw. Despite how messed-up I can be. 

Sekarang mau ngambil waktu untuk ngucapin THANK YOU buat teman-teman terdekat gw. Kepada komunitas gw. Kepada mentor. Kepada ketua-ketua. Kepada semuanya. 

Buat percakapan bodoh, super bodoh. Mulai dari tentang pup yang diekstrak ataupun tentang hinaan dengan buah. Mulai dari inside jokes dan sarcasm. Mulai dari metafora-metafora aneh
Buat segala quality time disela-sela kegiatan yang padet
Buat segala jenis teguran yang frontal, yang kadang rasanya nyelekit tapi buat kebaikan gw sendiri 
Buat curhatan gw yang super detail dan super panjang *ga semua orang kebagian kayak gini, mungkin hanya dikit banget yang denger detailnya*. Yang bisa berjam-jam cuma buat curhat
Buat waktu photobooth aneh dan ganti profile picture setiap kali foto. 
Buat sesi tanya jawab interogasi dengan dua temen deket gw dimana gw bisa nanya apapun ampe kalian cape ama gw *yes, I'm looking at you, Mike and Mayer*
Buat segala pelukan, virtual hugs, dan (cozy)(cozy)
Buat tahunan yang udah dilewatin bersama valen yang makin ga alay tiap harinya. Yang mencoba untuk lebih baik lagi
Buat temen-temen gw yang bahkan tahan bersama gw ketika rambut gw berbau telor HAHA ataupun pas lagi super lepek kayak abis keramas pake minyak
Buat video call dan call padahal beda timezone dan beda benua. 
Buat masa-masa paling ga enak, masa-masa berantem
Buat orang - orang yang anehnya setara ama gw dan tahan betapa anehnya gw ahahaha
Buat orang-orang yang bener-bener put effort buat mempertahankan pertemanan dengan gw
Buat semuanya

Buat orang-orang yang udah ngasih kepercayaan buat di posisi ini
Buat orang-orang yang selalu bisa ngasih masukan, yang mau jujur apa adanya

Buat semua yang bisa ngeliat gw, the best version of me, even when I fail to see it
For those people who can make me laugh when I don't even want to smile

THANKYOUUU. I love you, guys. 

Buat semua yang sekarang lagi ngadepin masalah, I want to make sure, that I will always be there for you. I can't make a promise I can fix your problems or that I will give you solutions. All I can promise is that you don't have to face it all alone. 

I love you. 

And I don't want to change you, for a little bit. I accept you for who you are right now and I'll encourage you if you want to change for the better. 

Gw ga pernah tau ke depannya bakal gimana. Mungkin kita akan pisah, mungkin jalan hidup kita bakal barengan. Mungkin hidup kita bakal masing-masing. Gw ga pernah tau. But I'm forever thankful I met you. Gw akan selamanya bersyukur dengan hari ini. 

"Tidak ada persahabatan yang sempurna di dunia ini, yang ada hanya orang - orang yang sebisa mungkin mempertahankannya" - Refrain. 


0 comments:

Tell me anything