Cerita dari Jalan

5:27:00 PM Valencia Ng 0 Comments


Ada salah satu hal yang saya suka adalah..............naik kendaraan umum. Entah mengapa. Mungkin karena dari kecil kebiasaan? Pokoknya, dari sekitar kelas 2 SD, udah balik ke rumah sendiri. Jalan kaki. Sekitar kelas 4 SD, naik bus umum (dan ini diomelin papi sebenernya dan ampe sempet jatuh dari bus dan agak trauma). Dari kecil selalu ga pernah takut nyasar, dan diharuskan untuk mandiri untuk masalah beginian dan ga clingy-tergantung-ama-orang minta dianter kemana-mana gitu.

Semenjak kuliah, emang makin lama makin jarang pulang pergi naik bus. Paling naik ojek, atau angkot dan kemudian jalan kaki jauh...... atau dianter temen. Tapi tiap balik ke Jakarta pasti naik shuttle bus, dan dilanjutkan dengan busway, dan dilanjutkan dengan jalan kaki. So........... yeah, bisa dibilang hidup sehari-hari masih ga jauh-jauh dari yang namanya jalanan. Dan walopun kuliah di kampus-yang-katanya-borju ini, saya tetep setuju banget dengan kata-katanya Soe Hok Gie, yaitu untuk bisa cinta sama tanah air, kita harus melihat masyarakatnya dari dekat. Kalau dia dengan naik gunung, cara yang bisa saya lakukan adalah turun ke jalan. 

Dari dulu saya suka sekali memperhatikan orang yang ga dikenal. Suka banget duduk di jendela bus, atau pesawat. Suka banget jalan sambil mikir atau sambil ngeliatin orang. Katakanlah pas lagi jalan sendirian atau pas lagi pulang ke rumah. Saya suka memperhatikan kebiasaan-kebiasaan kecil, atau kadang, membayangkan apa rasanya jadi orang itu. Misalnya pas lagi di angkot, saya suka membayangkan, ini dulu supir angkot sebenernya cita-citanya apa ya? Hidupnya gimana ya? Apa ya rasanya udah umur segitu dan cita-citanya mungkin yang dulu jadi pemain bulutangkis ga kesampean, terus ujung-ujungnya jadi supir angkot. Atau, misalnya.......... pas lagi jalan di mall sendiri dan ngeliat anak kecil lari-larian terus ya misalnya udah dalam tahap annoying, pasti akan mulai ngebayangin gini : ya kebayang dong sebagai cewek single yang bahkan masih belum menemukan pasangan hidup, tapi kedua orangtua dari anak ini udah, dan seannoying-annoyingnya nih anak, ya mungkin ini "happy ending"nya mereka - dan mereka telah berhasil ngelewatin dan figure out bagian yang bahkan belom saya alami.

Sebenernya banyak kejadian yang bisa diceritain. Saking banyaknya sampe udah ga inget. Dan jujur makin sering, makin tambah besar, mulai kehilangan "sense-of-wonder" itu sih. Seringkali, karena kecapekan, jadinya cuma tidur di bus. Jalan juga jadinya cuma untuk ada perlunya terus cepet-cepet balik ke rumah. Tapi kemaren ada satu kejadian yang cukup bikin senyum-senyum di busway.

Kemaren siang rencananya mau balik lagi ke kampus, untuk validasi pembayaran dan untuk doa tutup tahun. Sebenernya udah telat dan ketinggalan bus, dan harus nunggu sekitar 2 jam lagi sebelom ada bus berikutnya. Jakarta macet siang-siang, dan bersyukur aja busway ga rame-rame banget. Posisi awal saya di depan banget, deket tempat supir. Sekitar udah beberapa halte menjelang halte tujuan, mulai pindah ke tengah. Pas disitu mulai denger percakapan dua orang mahasiswi. Sebenernya secara tampang keliatan lebih tua sih, kayak orang udah kerja gitu. Tapi mereka terlihat lagi belajar buat ujian, dan ngomongin responden dan sebagainya.

Pembicaraan awalnya kurang lebih kayak gin :
A : ih gila - gila kok lu dah afal sih
B : ah gw mah ga afal, gw mah paham
Terus mereka cekikikan. Kebetulan pas gw bener-bener berdiri di depan mereka dan menghadap mereka. Pas bagian ini gw udah tahan-tahan senyum. Di sebelah dua mahasiswi ini ada seorang ibu (ini kita di bagian khusus perempuan) dan di sebelahnya lagi ada suaminya yang lagi berdiri, di perbatasan antara area khusus perempuan dan pintu tengah.

Lalu deket di satu kampus, mereka mau turun dan sebelom turun salah satu dari mereka bilang :
"eh ayo turun, eh nanti kita sebelom ujian doa dulu yuk!!"
Gatau kenapa, satu kalimat sederhana ini berhasil membuat hati saya tersenyum. Waktu itu jam udah telat 10 menit dan saya sudah dipastikan harus naik bus berikutnya tapi somehow.... merasa seneng aja. Dan lucunya bapak yang tadi di deket pintu itu sempet bilang : "selamat ujian ya dek. Kita doain juga. sukses ya". Lucu aja.... rasanya.... kayak ...........ini orang-orang yang ga saling kenal, tapi entah gimana masih bisa nunjukin kebaikan gitu. Di jakarta.... Di zaman sekarang.........."

Ini bukan cerita yang paling gimana sih. Ada 2 cerita lainnya yang menurut gw lebih amazing yang pernah gw temuin di jalan

Pertama, waktu itu kalo ga salah akhir Agustus tahun ini. Sehari sebelum masuk kampus di semester ini. Baru balik dari Quo Vadis, kecapekan, kedinginan semalem sebelumnya kehujanan dan tidur di dalam tenda. Udah malem, ngejar bus terakhir, dan bawa barang banyak. Saking buru-burunya, beneran lari di halte busway dan ternyata............salah naik bus. Untung cepet sadar, berenti di deket halte yang ke arah Kuningan. Lalu itu jam sudah menunjukkan jam setengah 8 lewat. Sedangkan harus sampe di FX  jam 8.30 (and it takes 5-10 minutes buat turun dari busway dan jalan kaki ke terminal di FX). Emang bisa sih naik busway lagi, tapi harus naik busway dari arah Kuningan ke arah Monas, lalu transit lagi dan ke arah FX. Ga jauh, tapi nunggu busway lama. Jadi keputusannya adalah untuk nyari taksi or ojek untuk berhenti di Dukuh Atas aja karena lagi ga megang cash banyak juga. Setelah itu naik busway lagi ke arah FX, dan ya agak mepet pastinya, tapi masih memungkinkan. Pas  turun dari jembatan, langsung ada ojek. Dan awalnya agak males sih, takut diteken harganya. Tapi dia mau bayar 10 ribu untuk bisa sampe Dukuh Atas. Pas di ojek, sempet ditanya-tanya gitu... mau kemana, dsb. Jujur paling males ditanya-tanya sih, jadi jawab seperlunya. Tapi............ pas dia tau gw mau ke FX, dia langsung nganterin ke FX ..... dengan cuma 10 ribu. Speechless ga? Dari arah menteng kuningan ke FX........

Si tukang ojek ini bercerita kalo dia sebenernya adalah supir, dan kalo weekend emang ga nyupir jadinya dia ngojek. Tapi dia suka membantu orang-orang gitu. Bahkan dia cerita, pernah nganterin orang sampe ke Tangerang gitu karena orang itu gatau jalan. Dan..... kalo mau jujur awalnya agak waswas juga ya notabene diri ini masih seorang perempuan dan itu sudah malem. Tukang ojek itu juga sempet ngotot minta disave nomor telponnya dan minta no telp juga. Dia bilang biar nambah temen. Waswas iya. Tapi tertarik juga denger ceritanya. Akhirnya keliatan sih kalo emang dia tulus bantuin dan sampe detik ini, ga pernah sekalipun diganggu. Dia asumsi kalo saya itu orang daerah yang lagi ke Jakarta. hehehehe. Dia bilang kalo emang sekali-kali lagi ke Jakarta dan bingung kemana, contact dia aja. Satu hal yang keren adalah pas dia bilang :
"Gapapa neng. Saya emang cuma bisa berbuat gini. Ga ngitung dibales apa ama orang. Biar Allah aja yang bales nantinya". 
Malemnya emang pas chat ama Mike, dia juga kayak amazed gitu. Dia juga ngingetin sih hati-hati. Ya pasti lah. Dan mungkin emang pas nemu orang yang super baik sih. Terberkati aja masih ada orang-orang dikasih hati seperti itu.

Kedua, ini pas sekitar Juni atau Juli 2013. Saat itu harus bolak-balik Kelapa Gading-Rumah untuk ngurus yearbook. Sebenernya............... dikasih sih sama nyokap uang lebih dan sebenernya cukup-cukup aja kalo naik taksi. Cuma ya emang dasar dulu mau berhemat buat bisa uangnya dipake beli jurnal, dan karena mau sok-sok ngebolang, jadi gw naik metro mini, lanjut dengan angkot......... ke Gading. Bermodal nekat dan intuisi, naik ampe terminal Senen dan nyari angkot yang kira-kira bakal ke Gading (bahkan ga nanya orang percaya ga...). Buat yang ga tau, naik angkot ke Gading itu ......... tidak dekat! Percayalah. Jadi dia suka lewat jalan belakang yang perumahan gitu, yang kadang macet, dan yang paling ga enaknya adalah.............. diturunin di tengah jalan. Kalo di Jakarta, emang salah satu yang paling ga enak itu adalah ketika angkot/bus nya sepi, biasanya mereka akan nurunin di tengah jalan. Kadang kalo baik mereka ngeoper ke angkot/bus berikutnya. Kadang kalo lagi gaada angkot berikutnya, mereka turunin di tempat antah berantah yang kita harus nunggu lagi sampe angkot berikutnya dateng. Pas udah balik nih, biasanya jauh, jauh lebih males untuk naik angkot. Super rame, super macet, dan super lama untuk sampe rumah. Belum lagi kalo hari mulai gelap dan mulai susah nyari bus di terminal Senen. Tapi, kalo mau ngotot naik taksi, pasti macet juga, dan bisa gatau berapa ongkosnya..... jadi ........ ya semacam mau gamau juga.

Lalu hari itu sekitar jam 5,  udah di dalam angkot dan emang biasanya melewati jalan layang Gading yang emang notabene cukup rawan. Ada beberapa orang yang masih megang hp, ada satu bapak-bapak yang telponan. Supir angkotnya tiba-tiba ngomelin dengan bilang : "Pak, ibu, tolong ya. Ini daerah rawan. Saya juga nanti ga bisa nyelametin kalian kalo ada kenapa-kenapa. Jadi ditaroh dulu aja hapenya." Padahal ya......... logikanya, bisa aja tuh supir berkomplot dengan orang jahat itu. Tapi ini enggak, dia malah ngingetin, bahkan berani ngomelin penumpangnya

Kejadian ini mungkin masih biasa aja dibanding kejadian kedua. Saat itu, emang lagi bulan puasa. Saking lamanya di jalan, kita udah ke waktunya berbuka. Kerennya lagi, nih supir nanyain lho, siapa aja yang mau buka... Terus pas mulai jamnya, semua udah mulai minum. Supir angkot ini berenti di tempat terdekat gitu, dekat pasar, dan dia bilang dia mau nungguin kalo ada yang mau beli makanan atau minum dulu untuk buka. Saat itu cuma ada satu perempuan gitu yang turun dan beli makan. Sedangkan satu angkot itu penuh.

Dan........... amazingnya satu angkot nungguin perempuan itu beli makan. Untuk berbuka. Bener-bener cuma nungguin satu orang aja. Mungkin karena saya ga pernah melihat kejadian ini sebelumnya, tapi berasa speechless sih. Berasa banget yang namanya toleransi beragama, dan saling menghargainya itu. Gaada satupun di dalam angkot yang ngeluh, protes, ataupun bersungut atau bahkan ngeluarin muka nyebelin. Semuanya sabar nunggu. Padahal bisa aja supirnya pergi dan ngejar setoran, atau nyari penumpang lain. Tapi dia milih enggak.... Bahkan si supirnya sempet ngomong : "gapapa ya....kasian soalnya. orang lagi puasa...."

Lebih kerennya sih karena ketika dalam angkotnya bener-bener cuma tinggal saya seorang diri, supirnya tetep nganterin ampe ke terminal Senen. Padahal, bisa aja dia berentiin dan muter terus cari setoran lagi gitu. Tapi ini enggak sih....

Itu dua hal indah yang mungkin akan selalu diinget. Ya sebenernya kejadian enak juga ada, iPad dicopet misalnya......... tapi itu ga sebanding dengan dua kejadian ini sih.

Kalo penasaran, coba sekali-kali aja ngebolang. Nanti cerita juga pengalamannyaaa! Sekian :D

0 comments:

Tell me anything