galaksi.

2:29:00 AM Valencia Ng 0 Comments


kau bilang 'bermimpilah setinggi langit'
aku tertawa keras - keras
aku dididik dari dulu
langit batasmu, tetapi galaksi batasku
dan sesuai dengan tak terhingganya galaksi
sejauh itu pula aku harus bermimpi

kau bilang 'terbaik' adalah tujuanmu
aku tertawa lagi, terbahak - terbahak
nenek moyangku selalu mengajarkan
saat kau terbaik, masih ada yang lebih baik darimu, bodoh!
kau mengernyit tanda tak mengerti
aku terus tertawa

jika yang lain harus berjalan,
aku harus terbang, kataku
kau menggeleng tanda tak mengerti
jika yang lain harus mencapai titik A
sebisa mungkin aku harus bisa sampai Z
kau masih termangu
jika yang lain belajar 1 + 1
aku belajar perkalian, pembagian, kuadrat
kau terdiam tanda tak paham. 

aku menghela nafas, menguatkan diri
begini, jika manusia bangga bisa menginjak bulan
saat itu juga di pluto aku harus dapat membangun peradaban
kau tak percaya dan aku lelah membuat perumpamaan. 

kau bilang ini dan itu
tak ada yang baik dimataku
kau memprotes, aku diam membisu
dalam hati saja aku mengaku

karena sejauh - jauhnya galaksi aku harus bermimpi,
sejauh - jauhnya galaksi lah aku harus mencapai
mencapai ruang hampa udara
yang tak pernah pasti
yang tak dapat diselami

kau iri akan segala pencapaian yang aku punya
aku iri akan segala tuntutan yang tak kau punya

kau terdiam karena ditertawakan
aku membisu dalam hati meratapi kekalahan
debat kali ini sepenuhnya kau menangkan
selamat. 

0 comments:

Tell me anything