Thank you for loving me when I least deserve it.

11:02:00 PM Valencia Ng 0 Comments


Ini adalah lanjutan dari 2 post sebelumnya, a whole new a chapter

When you get what you want, and what you need, when you least deserve it. 

To be honest, I'm the lucky one. Dari dulu banyak banget yang bisa gw banggakan dari keluarga gw. Bokap nyokap gw ga pernah sekalipun berantem di depan anak- anaknya, bokap nyokap gw selalu provide yang gw butuh, bokap nyokap gw membebaskan gw pergi kemana aja - sama siapa saja - selama gw bisa menggunakan kebebasan bertanggung jawab gw, bokap nyokap gw dulu sama2 gw berjuang untuk gw sekolah ke luar - walopun akhirnya ga jadi and I was soooo heartbroken, bokap nyokap gw dulu mendengarkan gw ketika gw presentasi di depan mereka 45 menit tentang universitas yang gw mau - biaya hidup - dan sebagainya. I'm the lucky one. 

My family isn't that perfect. Banyak banget masalah yang ga kasat mata. Banyak banget masalah yang gw tau ortu gw sendiri ga pernah nunjukin langsung ke gw. Banyak banget yang mungkin bikin orang bingung, keluarga gw ga pernah makan di meja bareng misalnya, atau kita ga pernah travel ke luar negeri bareng. Misalnya gitu. Tapi gw tau, gw beruntung kalo lu liat paragraf pertama yang gw tulis itu. Intinya adalah, gaada satu hal apapun yang bisa bikin gw lebih galau daripada keluarga gw sendiri, kalo ada masalah gw bisa jauh lebih galau daripada sekedar patah hati, lu bisa tanya ama sahabat2 gw yang udah temenan ama gw bertahun2. 

The thing is, I grew up as an insecure girl. Umur gw dan kakak - kakak gw jauh banget. Terus waktu gw kecil, gw ampe bosen denger orang lain kalo ngomong gw adalah, "anak kecelakaan". So my parents didn't plan me? Okay... That was like the worst mindset I've ever had. Jadinya ketika gw bertumbuh besar, gw mati2an mencoba membuktikan eksistensi gw sendiri. I was very ambitious person. Nilai harus minimal segini, organisasi harus ikut semua, harus juara lomba, dsb, dsb. Gw mencoba untuk menjadi...... perfect. Supaya..... setidaknya orang tua gw ga nyesel2 banget gw udah lahir, gitu. Nyokap gw tuh ampe ngomong, "itu mah di pikiran kamu aja". But I couldn't help it. My insecurity was the thing that motivated me. 

Cuma, beberapa tahun terakhir mindset gw banyak berubah. My parents didn't give up on me. Gw bukan produk gagal. Dan gw bukan tidak direncanakan. Beberapa minggu sebelom mama angkat gw meninggal, gw sering ngobrol sama mama. Mama bilang nyokap gw dan bokap gw sayang banget - walopun mungkin ga selalu bisa ditunjukin dengan kata - kata. Kakak gw juga ngomong yang sama - mereka bahkan suka jealous ngeliat gw selalu dibela (and to be honest, dimanja). Waktu nyokap gw bilang, "papi bangga lho sama kamu", gw ampe speechless. Waktu ipad gw hilang, gw sadar betapa gw bersyukur punya orang tua yang selalu ada buat gw. Waktu mereka beliin ipad lagi. Waktu mereka sekarang beliin apa yang selalu gw mau pun. 

I cried when my mom called me tonight. Dia bilang, "kamu inget ya len mami sama papi belain kamu banget. kamu sekarang yang penting belajar yang rajin aja". I cried, because I know I don't deserve their love. Bukan karena gw pinter, rajin, rajin ke gereja dsb gw bisa "achieve" cinta mereka, tapi mereka udah sayang bahkan sebelom gw pinter, rajin, dan sebagainya. And this thing, is the one that motivates me moreeeeeeee than my insecurity.  It motivates me to make them proud, to be better and better, to achieve more. The fact that I can be loved, just as I am. 

And I think this is what grace looks like. When you are loved, when you least deserve it. This is what Jesus did. This is what my parents do. This is what my best friends do. To God and those people who stick with me, even when they know who I really am. 

Thank you. 

0 comments:

Tell me anything