When you get what you want, and not what you need.

1:37:00 PM Valencia Ng 0 Comments

Jadilah sebenernya gw memiliki banyak tugas untuk minggu ini - sampe2 gw gamasuk hari ini karenanya. Tapi beneran ga bisa ngerjain dan ujung-ujungnya jadi ngerasa galau. Galau parah. Jadi gw butuh untuk nulis sebentar biar kedepannya lebih efektif ngerjain tugasnya. Akhir - akhir ini ada beberapa kejadian yang nunjukin gw mendapatkan apa yang gw inginkan, apa yang selalu gw inginkan, di saat yang bersamaan. Tapi gw jadi ga yakin apakah itu satu hal yang gw bener - bener butuh. 

Kalau lu tau gw, gw orangnya ga banyak minta, terutama ke orang tua gw. Kalo kata nyokap gw, gw anti - kemapanan hahaha! (ato anti barang mewah, gw ga ngerti lah intinya itu). Kalo pake barang (the only exception adalah jurnal), selama gw ga ngerasa butuh untuk ganti, gw ga akan ganti. Sepatu akan gw pake ampe bener - bener jebol. Tas juga. Baju juga. Hp juga. Ampe rusak. Atau ilang. Dikasih iPhone 5s taun lalu, gw nolak - karena gw ngerasa BB gw masih bisa dipake. Gw destroyer ama barang jadinya gw cukup tau diri untuk ga banyak minta...... kecuali dikasih. Satu hal lagi, kalo lu tau gw, gw orangnya suka ga enakan ama orang. Sekalinya gw pengen sesuatu pun, gw ga akan langsung minta. Contoh simple, kamera. Dulu gw dapet kamera karena gw "keliatannya" kepengen. Gw ga pernah eksplisit banget minta sesuatu. 

180 derajat kebalikan sama gw, nyokap gw tipe yang membeli kalo dia mau. Atau kepengen. Pas ke Thailand kemaren dia berhasil bikin satu tur mepet ke airport karena dia pengen balik lagi ke tempat belanja pertama buat beli dompet kulit, kurang lebih 1,5 jam sebelom kita boarding. Nyokap gw tipe yang suka beli sesuatu karena "keliatannya lucu", atau "gaada di Indonesia nih", disaat sekarang gw harus mikir ulang cuma buat beli double tape. Nyokap gw tipe yang selalu ngebeliin gw smiggle, di saat yang gw butuh adalah 1 set copic (anak desain pasti tau.....). Okay, gw suka smiggle. Okay, gw seneng dia inget gw pas dia mau beli oleh2. Tapi terkadang, gw ga ngerasa gw beneran butuh itu. Misalnya nyokap gw nanya, gw butuh dibeliin ini itu ga. Gw tuh bilang, gw ga butuh. Mendingan duit yang sama itu dibeliin buat beli gw printer, scanner, atau apapun yang bisa menunjang perkuliahan gw. Dibanding gw dibeliin mobil atau apa, mendingan gw dibeliin cat dan kuas baru, gw masih bisa naik angkot kok kalo perlu. Gw tipe kalo misalnya dikasih duit 150 ribu untuk beli cat dan ongkos, gw prefer jalan kaki biar cat yang gw beli bisa lebih banyak - dan ga ngerepotin ortu juga. Dibanding beli dress baru, duit yang sama bisa dipake untuk beli tablet Bamboo buat gw bisa bikin digital art. 

Case yang sama terulang masalah iPad. iPad gw dijambret orang 1,5 bulan yang lalu. Gw masih merasa kalo itu salah gw. Dan jujur aja, masih rada trauma. Di otak gw suka keputer berulang-ulang kejadiannya. Gw belajar untuk let go, tapi gw masih ga enak. Semua orang ngira gw santai2 aja karena iPad gw ilang. Mereka ga tau, waktu itu gw ampe ga berani nelpon orang tua dan nyuruh kakak gw ngomong karena gw ga bisa berenti nangis. Nope, mereka ga tau. Setelah iPad gw ilang, nyokap gw nelpon 2 x, nanya gw butuh iPad baru ga. Gw bilang engga, gw ga butuh untuk sekarang. Jangan beli dulu..... Pake laptop dulu aja. Dia nanya lagi setidaknya 3 x pas gw di lagi di rumah, gw mau beli ga. Gw berkali kali bilang engga. Tapi ternyata........dia beliin juga. Dia ngomong dengan bangganya, dan what breaks my heart is.... (and maybe her heart, too) waktu gw harus bilang kalo "sebenernya valen lebih butuh laptop sih mi....". Gw dulu dikasih iPad punya keluarga gw pun karena buat "sementara" gantiin laptop. Udah minta dan bilang berkali - kali, udah hampir 2 taun kali. Tapi waktu itu dia malah memberi gw laptop punya saudara gw. Walaupun cukup, tapi ga compatible untuk tugas dan pelayanan. Mau ngedit video ga bisa, program gaada, download apapun ga compatible. Terlebih sudah mau memasuki semester 4, I need it more than ever. Sedihnya adalah, iPad yang dia beli itu, yang 128 GB (yang semua orang terutama yang ngerti kerjaan gw akan bertanya, "BUAT APA!"), harganya ga beda jauh ama laptop yang gw butuh. 

Engga, bloggie, gw bukannya ga bersyukur. Gw bersyukur banget punya orang tua yang super care. Gw bersyukur banget. Mungkin gw emang ga bisa ngungkapin dengat kata2. Tapi gw bener2 bersyukur banget. Sedihnya adalah untuk ngejelasin kalo gw ga bener2 butuh itu. Sedihnya adalah ngehancurin hatinya pas sebenernya dia bermaksud baik. Sedihnya adalah ketika gw berhasil dapetin sesuatu yang mungkin gw mau, tapi ga gw butuhin. 

Ini membuat gw berpikir ulang tentang semua hal yang gw inginkan, apakah itu sesuatu yang bener - bener gw butuhin? Gw berpikir ulang ketika gw seringkali ngebuat sesuatu sesuai yang orang lain mau. Apa itu sesuatu yang dunia ini bener - bener butuhin? 

Udah ya bloggie, nulis ini bikin gw nangis. :"( 

0 comments:

Tell me anything