pengen dapet nilai bagus ? baca ini

6:53:00 AM Valencia Ng 0 Comments


well, sebelom gw mulai. first of all,  lebih baik gw mengingatkan,
you won't like this....
kalo lu bener2 mau nilai bagus, baru mendingan baca ini.
kalo lu ragu2, mendingan JANGAN
.
.
.
are you sure u want to read this?
.
.
.

okay it's ur choice to read this article! haha ..
then, gw juga mau mengingatkan, gw ga bermaksud sombong, pamer, ato apapun lah itu namanya. gw hanya ingin berbagi cara ke kalian.

jujur, gw bukan anak yang paling rajin di kelas, bukan juga anak paling pinter satu angkatan. but well, i must say, nilai gw lumayan. cukup untuk bikin gw aman untuk naik kelas, tetep sibuk dengan aktivitas gw dan untuk milih jurusan apapun yang gw mau.

what is the key?

i must say, the key is .... persistance ...

ini penjelasannya :
sebenernya untuk dapet nilai bagus itu ga susah2 banget. tapi  gampang2 susah ..
gampang, karena itu dapat lu lakukan dengan mudah
susah, karena untuk mendapatkannya lu butuh pengorbanan ..

so, pertama - tama yang harus lu lakuin adalah .. MENCARI

mencari apa ? mencari cara belajar yang tepat.. gw sering banget bilang ini ke temen2 gw. jadi gini, manusia punya cara untuk menyerap informasi lebih cepat dengan cara yang beda - beda. secara umum sih dibagi jadi 3, VISUAL (dengan penglihatan), AUDIOTORI (dengan pendengaran), KINESTETIK (dengan gerakan tangan)
secara spesifik, lu harus cari cara belajar yang paling nyaman dan paling efektif buat lu. misalnya gw, gw itu VISUAL. so caranya biasanya gw bisa bikin kayak mind mapping, or ringkasan ulang yang warna warni, afalin tata letak catatan, pake gambar atau simbol, bisa juga stabiloin *kalo ga keburu*, or tulis ulang.
cara lain, misalnya ada yang lebih gampang belajar sambil ngomong. ayo ngaku, sering nemuin kasus kayak gini kan ? jadi kalo belajar, dia baca bahan2nya dengan lisan. ada juga tipe yang bisanya belajar dengan ngedengerin orang lain ngomong. gw saranin dua tipe ini belajar bareng. biar sama2 untung. haha.
ada juga yang gw tau belajar dengan cue cards, ada yang bikin jembatan keledai, dibikin jadi lagu, ada juga yang ngafalin pake tangan. Seriously, lu boleh belajar dengan model apa aja, asal pastiin, itu efektif dan tepat buat lu.

cara kedua adalah BELAJAR MENDENGARKAN,

honestly, it sucks. biasanya emang anak muda lebih suka didengarkan daripada
mendengarkan. tapi well, kalo lu dah mendengarkan dengan baik pas tuh guru nerangin, gw rasa 50% materi dah masuk ke otak lu. and keuntungan2 lainnya dari mendengarkan adalah, lu mengerti instruksi yang diberikan dengan baik, so pas lu ngerjain tugas, lu bisa ngerjain dengan sebaik mungkin yang lu bisa. selain itu, soal - soal y.a.d biasanya ada penyeleasaiannya di materi yang dibahas sang guru.

cara ketiga dan yang terakhir adalah  FOLLOW THE STEPS,

jadi gini, mungkin secara kita sadar ga sadar, sebenernya guru - guru itu mengarahkan kita untuk mendapat nilai secara baik dan benar. asal satu cara, ikuti caranya.
maksudnya, kalau dia kasih peer, coba kerjain peernya. sesusah2nya, usahain jangan nyontek, soalnya itu bener2 rugi di elu. kenapa ? karena selain logika lu terasah, lu jadi mau ga mau cari cara untuk ngerjain itu, mulai ngebaca lagi dari buku, and juga lu jadi paham materinya.
selain itu, kadang guru-guru suka ngeluarin soal dari latihan lho! .. terus dah gitu, kalo dah mendekati ujian, biasanya guru2 itu suka 'nyeletuk', entah itu soal, kasus, ato pembahasan. inget, dengerin itu baik2. kenapa ? karena pada saat2 terakhir, soal2 itu kemungkinan keluar.
terus kalo dikasih tugas, seremeh apapun, coba kerjain tugas itu  dengan baik. karena bakal nyesek banget kalo nilai ulangan and ujian lu dah bagus2, tapi jadi biasa aja cuma gara2 nilai tugas lu. follow the steps itu sebenernya easy, kalo tuh guru suruh ngerjain peer ya ngerjain peer, kalo suruh bikin tugas ya bikin, kalo ada ulangan ya belajar. ikutin aja instruksinya and dijamin nilai lu oke :D

cara terakhir adalah, IMPROVISASI.
 lu boleh ngelakuin apa aja yang lu mau, yang penting sehat dan ga dosa, untuk dapet nilai bagus. lu ga harus 100% berpatok pada sini. kayak gw, misalnya bikin jurnal, bisa juga evaluasi SWOT(strength, weakness, opportunity, and threats) setiap lu test, atau ikut kursus, belajar kelompok, tanya guru sepulang sekolah, cari referensi di perpus or internet. ANYTHING! :)

well, it's easy, right? kalo diliat2 sebenernya lu cuma perlu cari dulu yang bener, dengerin bentar, ikutin langkah2nya, and lakuin sebebas2nya yang lu mau!

tapi kenapa itu sulit dilakukan ? karena pengorbanannya ....
apakah lu siap ngedengernya sekarang ?
apakah lu siap ngejar2 nilai itu ? dengan mengganti waktu bersantai untuk belajar ? mengganti jalan2 dengan belajar di rumah ? ato di saat yang lainnya pesta and hangout lalu lu ngerjain tugas ? kalo iya, just do it! .. sebenernya pengorbanan itu ga seberapa, jika lu dah bisa belajar manage ur time *we'll talk about this later*, dan seperti yang gw bilang, punya the key.. yaitu persistance.... di saat lu tekun, it's easy. dari dilakuin terus menerus, menjadi hal yang mudah dan menyenangkan :D

you can do it ... :)

0 comments:

Tell me anything